Pengamatan Gejala Persepsi Lingkungan menggunakan Place Centered Mapping pada Ruang Front Office Universitas Adiwangsa Jambi
Keywords:
atribut, front office, place center mapping, Universitas Adiwangsa JambiAbstract
Universitas Adiwangsa Jambi dalam melaksanakan tugas pelayanan memiliki ruangan Front Office yang berfungsi melayani kegiatan informasi dan pendaftaran mahasiswa baru. Pada ruang ini terdapat beberapa perabot sebagai atribut yang digunakan untuk mendukung aktivitas manusia didalam serta memberikan kesan dan nilai estetika. Ruang Front Office Pertanyaan pada penelitian ini adalah apakah aktivitas di ruang itu bercukupan dengan semua atribut yang ada? Apakah pengguna merasa nyaman dengan penggunaan atribut tersebut? Dan bagaimana kita tau penilaian pengguna untuk menyatakan adanya kekurangan dan kelebihan atribut? Maka dari itu, Tujuan pada penelitian ini adalah untuk bisa mengetahui hasil dan jawaban atas apa saja kendala/problem yang ada di dalam presepsi lingkungan Front Office. Sasaran dalam penelitian ini adalah melakukan pengamatan pola pada ruang Front Office Universitas Adiwangsa Jambi, dengan menggunakan teknik pengamatan pemetaan perilaku yang menekankan pada perilaku pengguna dalam suatu waktu di tempat tertentu (place-centered mapping). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecenderungan latar fisik ruang mempengaruhi perilaku pengguna dan membentuk pola perilaku dan konfigurasi peta mental yang cenderung terjadi berulang. Ruang kerja dan ruang tunggu cenderung fleksibel dan adaptabel, terdapat territory pada area ruang kerja. Di ruang kerja tampak penggunaan ruang dalam satu latar mengalami proses identifikasi perilaku, namun identifikasi tersebut cenderung tidak berpengaruh pada latar ruang.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Salsabila, Liza Komalasari, Nadya Bestnissa, Harlia Febrianti, Aulia Rizki Alda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.