Pengaruh Metode Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan tentang Hiv/Aids pada Remaja di SMK N 3 Wilayah Kerja Puskesmas Rawasari Kota Jambi Tahun 2016

  • Matda Yunartha AKPER Prima Jambi
Keywords: Pengetahuan, HIV/AIDS

Abstract

Acquired Immuno Deficiency Syndrome (AIDS) adalah kumpulan gejala penyakit yang disebabkan oleh menurunnya kekebalan tubuh akibat infeksi HIV ( Human Immunodeficiency Virus ). AIDS suatu penyakit yang sangat berbahaya karena mempunyai Case Fatality Rate 100% dalam lima tahun, artinya dalam waktu lima tahun setelah diagnosis AIDS ditegakkan, semua penderita akan meninggal (Adisasmito,2012:317).

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh ada atau tidaknya pengaruh metode pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan tentang HIV/AIDS pada remaja di SMK N 3 Wilayah Kerja Puskesmas Rawasari Kota Jambi Tahun 2016. Penelitian ini menggunakan quasi-eksperiment dengan jumlah populasi sebanyak 1191 siswa. Sampel sebanyak 92 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Stratified Random Sampling.

Berdasarkan hasil penelitian diketahui pengetahuan sebelum dilakukan pendidikan kesehatan menunjukkan bahwa sebanyak 10 responden (10,9%) memiliki pengetahuan yang kurang, 30 responden (32,6%) memiliki pengetahuan yang cukup dan 52 responden (56,5%) memiliki pengetahuan yang baik. Sedangkan sesudah dilakukan pendidikan kesehatan menunjukkan bahwa sebanyak 1 responden (1,1%) memiliki pengetahuan yang kurang, 15 responden (16,3%) memiliki pengetahuan yang cukup dan 76 responden (82,6%) memiliki pengetahuan yang baik.

Diharapkan kepada Dinas Pendidikan memberikan pendidikan kesehatan berupa ceramah dan diskusi tentang HIV/AIDS pada remaja agar dapat mengetahui tentang HIV/AIDS pada remaja.

Published
2017-12-18