Analisis Kebijakan Program Pemerintah dalam Penanganan Penyakit Campak pada Balita di Puskesmas Putri Ayu Kota Jambi Tahun 2019

  • Matda Yunartha Universitas Adiwangsa Jambi
Keywords: Pelaksanaan, Penanganan Penyakit Campak

Abstract

WHO memperkirakan pada tahun 2002 terjadi sekitar 35 juta kasus campak dan 614.000  orang diantaranya dilaporkan meninggal dunia. Lebih dari 890/0 kematian terjadi di Negara  dengan pendapatan berkapita < $1000. Sebagian besar kasus (850%) terjadi pada anak-anak  balita. Pada Negara berkembang berkisar antara 3%-15%.

Penelitian ini merupakan penelitian kualititatif. Penelitian ini dilakukan di Wilayah Kerja  Puskesmas Putri Ayu Kota Jambi pada Agustus 2019, jumlah populasi dalam penelitian ini  adalah Kepala Puskesmas Putri Ayu Kota Jambi dan 2 orang pemegang program imunisasi  campak, Metode pengumpulan data dilakukan dengra mendalam kemudian di analsisi secara  deskriptif. 

Dari hasil wawancara terlihat bahwa sejauh ini program penanganan imunisasi campak telah  dilaksanakan dengan baik, pendapat itu di kemukankan oleh kepala puskesmas maupun 2  petugas dai program imunisasi campak tersebut. Sehingga tidak ada masalah yang berarti  yang ditemukan dilapangan dari hasil wawancara.

Bagi institusi pendidikan terkait, diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi bahan atau materi pembelajaran baik kalangan mahasiswa pendidikan sarjana maupun profesi. 

Published
2019-12-18