Faktor–faktor yang Berhubungan dengan Waktu Tunggu Pelayanan Resep Pasien Jaminan Kesehatan Nasional di Instalasi Farmasi Rawat Jalan Rsud Raden Mattaher Tahun 2017

Authors

  • Matda Yunartha Universitas Adiwangsa Jambi

Keywords:

Standar pelayanan minimal, waktu tunggu, obat jadi, obat racikan

Abstract

Salah satu standar pelayanan farmasi di rumah sakit adalah waktu tunggu. RSUD Raden Mattaher sebagai rumah sakit rujukan tertinggi di Provinsi Jambi dengan kunjungan yang semakin meningkat dan hal ini akan berdampak pada waktu tunggu pasien menjadi lebih lama. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui faktor - faktor yang berhubungan dengan waktu tunggu pelayanan resep pasien Jaminan Kesehatan Nasional rawat jalan tahun 2017.

Jenis penelitian ini adalah penelitian analitik kuantitatif dengan rancangan cross sectional. Jumlah sampel sebanyak 98 sampel.

Hasil penelitian ini diketahui waktu tunggu rata-rata obat jadi sebesar 40,1 menit dan obat racikan 65,3 menit. Untuk sumber daya manusia sebanyak  37 responden (37,8%) menyatakan tidak sesuai dan sebanyak 61 responden (62,2) menyatakan sesuai, 59 responden (60,2%) menyatakan sarana / fasilitas tidak sesuai dan 39 responden (39,8%) sesuai. Untuk jenis obat racikan sebanyak 49 resep (50%) dan obat jadi sebanyak 49 resep (50%), sebanyak 62 jumlah resep (63,3%) tidak sesuai dan sebanyak 36 jumlah resep (36,7%) sesuai. Hanya 9 resep (6,1%) tidak sesuai dengan prosedur kefarmasian dan 92 resep (93,9%) sesuai.

Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa waktu tunggu pelayanan resep di Instalasi Farmasi masih belum sesuai sehingga diharapkan agar Instalasi Farmasi dapat meningkatkan kualitas pelayanan agar mencapai waktu tunggu pelayanan yang tepat.

Downloads

Published

2020-05-13