Analisis Kualitas Pepelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan

Authors

  • Andina Azrianti Universitas Adiwangsa Jambi
  • Dewi Riastawaty Universitas Adiwangsa Jambi
  • Nia Nurzia Universitas Adiwangsa Jambi
  • Margareta Pratiwi Universitas Adiwangsa Jambi

Keywords:

kepuasan, kualitas pelayanan

Abstract

Kualitas pepelayanan rumah sakit merupakan elemen utama dalam meningkatkan kepuasan pasien. Pepelayanan rumah sakit yang kurangmemuaskan dapat menyebabkan kurangnya rasa percaya pasien sehingga menyebabkan kurangnya kunjungan pasien. Semakin tinggi kualitas pepelayanan yang diberikan kepada pasien semakin tinggi kepercayaan masyarakat kepada rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kualitas pepelayanan terhadap kepuasan pasien rawat jalan. Penelitian ini merupakan penelitian analitik kuantitatif dengan desain crosssectional study. Penelitian dilakukan di Poli RS Bhayangkara TK II Polda Jambi dari tanggal 12 Februari – 04 Maret tahun 2024. Populasi penelitian adalah seluruh pasien yang berkunjung ke Poli RS Bhayangkara TK II Polda Jambi pada bulan Desember 2023 sebanyak 4.579 pasien. Sampelpenelitian sebanyak 98 orang yang diambil secara accidental sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dianalisis secaraunivariat dan bivariat menggunakan uji chi square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden mengatakan kualitas pepelayanandalam kategori baik sebanyak 50 responden (51%) dan merasa puas pada pepelayanan kesehatan sebanyak 64 responden (65,3%). Ada hubunganantara kualitas pepelayanan terhadap kepuasan pasien rawat jalan di Poli RS Bhayangkara TK II Polda Jambi dengan nilai p 0,000 < 0,05. Hasilpenelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pepelayanan mempengaruhi kepuasan pasien. Untuk itu, diharapkan rumah sakit dapat meningkatkan danmemperbaiki indikator kualitas pepelayanan kesehatan yang kurang baik sehingga memberikan rasa puas khususnya pada pasien rawat jalan.

Published

2025-01-15