Pengaruh Metode Presentasi Terhadap Hasil Belajar

  • Lolly Anggela Sulvia
  • Rian Novita Universitas Adiwangsa Jambi
Keywords: Metode Presentasi, Hasil Belajar

Abstract

Dalam dunia pendidikan, menilai merupakan salah satu kegiatan yang tidak dapat ditinggalkan. Menilai merupakan salah satu proses belajar dan mengajar. Kegiatan menilai bidang akademik di sekolah dapat dilakukan dengan adanya tugas individu, ulangan dan ujian. Dengan kegiatan tersebut dapat di ketahui sejauh mana hasil belajar seseorang siswa dalam mata pelajaran IPS. Hasil belajar yang mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM) merupakan sesuatu yang di harapkan dalam proses pembelajaran. Hasil dari penilain terhadap proses pembelajaran dapat di gunakan untuk mendeskripsikan kecakapan belajar para siswa, sehingga dapat di ketahui kelebihan dan kekurangan siswa. Hasil belajar siswa yang masih rendah menjadi permasalahan yang terus dihadapi sekolah. Permasalahan tersebut  juga penulis temukan di SMP N 2 Bayang, Identifikasikan masalah yaitu hasil belajar kurang optimal dan rendahnya aktifitas siswa dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran IPS. Penulis hanya mengkaji tentang pengaruh metode presentasi terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di SMP N 2 Bayang. Dengan tujuan mendeskripsikan pengaruh metode presentasi terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Penelitian eksperimen adalah penelitian yang dimaksud untuk melihat akibat dari suatu tindakan atau perlakuan. Penelitian ini dilakukan terhadap dua kelas yaitu kelas VIII 5 sebagai eksperimen dan kelas VIII 3 kelas kontrol.  Kelas eksperimen merupakan kelas yang diberi pembelajaran dengan strategi pembelajaran penggunaan metode presentasi dan kelas kontrol merupakan kelas yang menggunakan model ceramah. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPS yang menggunakan model pembelajaran persentasi lebih baik dari pada model pembelajaran ceramah Hal ini telihat dari nilai rata-rata dari hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran persentasi yaitu 81,25 sedangkan yang menggunakan model pembelajaran ceramah yaitu 73,44.

Published
2019-10-31