Hubungan Pemanfaatan Waktu Luang untuk Kegiatan Belajar Matematika dengan Hasil Belajar Matematika Kelas VII SMP Negeri 1 Sitinjau Laut

  • Melinda Yusri Rizki Universitas Adiwangsa Jambi
  • Rian Novita Universitas Adiwangsa Jambi
Keywords: Pemanfaatan Waktu Luang, Kegiatan Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara pemanfaatan waktu luang untuk kegiatan belajar matematika dengan hasil belajar matematika. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sitinjau Laut yang berjumlah 137 orang. Selain dilakukan uji normalitas dan homogenitas populasi selanjutnya diambil sampel sebanyak 30 orang siswa, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara pemanfaatan waktu luang untuk kegiatan belajar matematika yang meliputi mengerjakan pekerjaan rumah matematika, mengikuti bimbingan belajar matematika, membaca buku pelajaran matematika, dan mengulangi/mempelajari kembali materi pelajaran matematika dengan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sitinjau Laut. Mengumpulkan data mengenai  pemanfaatan waktu luang untuk kegiatan belajar matematika oleh siswa dilakukan dengan menggunakan angket. Sedangkan data yang berupa hasil belajar matematika siswa didapatkan melalui pemberian tes berbentuk tes objektif pada pokok bahasan segitiga. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang dilakukan terdapat hubungan signifikan antara pemanfaatan waktu luang untuk kegiatan belajar matematika dengan hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 1 sitinjau Laut dengan koefesien korelasi sebesar 0,885 pada taraf nyata α = 0,05 sedangkan koefesien korelasi 0,99 adapun  2,05 dan  37,35 maka hipotes penelitian ini di terima.

Published
2022-02-28