Pengembangan Buku Kerja Berbasis Konstruktivisme Pada Perkuliahan Statistik Matematika Di Universitas Adiwangsa Jambi

  • Melinda Yusri Rizki Universitas Adiwangsa Jambi
  • Rian Novita Universitas Adiwangsa Jambi

Abstract

topik dalam mata kuliah statistik matematika saling berurutan dan terkait satu sama
lain sehingga diperlukan pembelajaran yang berkelanjutan. Untuk melakukan pembelajaran
berkelanjutan, mahasiswa perlu mengerjakan latihan yang tersedia di buku paket. Namun,
buku paket yang digunakan mempunyai soal yang bervariasi dan cukup banyak untuk
mahasiswa Universitas Adiwangsa Jambi yang mempunyai perbedaan kemampuan
matematika. Di samping itu, mahasiswa juga belum terbiasa menghadapi soal dalam jumlah
yang banyak dan bervariasi. Oleh karena itu, diperlukan suatu alat yang bisa membiasakan
mahasiswa untuk belajar secara berkelanjutan dan terarah berupa sebuah buku
kerja.Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan buku kerja berbasis konstruktivisme
yang valid, praktis dan efektif pada mata kuliah Statistik Matematika di Universitas
Adiwangsa Jambi. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang terdiri dari 3 tahap
yaitu: tahap analisis muka-belakang (front-end analysis), tahap prototype dan tahap
penilaian (assessment). Kegiatan pada tahap analisis muka belakang yang dilaksanakan
meliputi wawancara dengan teman sejawat, menganalisis silabus matakuliah Statistik
matematika , menganalisis buku teks statistik matematika, dan mereview literatur tentang
buku kerja. Berdasarkan hasil analisis muka belakang telah diperoleh prototipe buku kerja
berbasis konstruktivisme yang kemudian dikonsultasikan kepada 3 dosen dari Universitas
lain. Pada tahap praktikalitas, buku kerja di uji cobakan kepada mahasiswa Progam Studi
Matematika Universitas Adiwangsa Jambi yang mengambil mata kuliah statistik matematika
pada semester ganjil tahun akademik 2020/2021. Kegiatan ini diamati oleh 1 (satu) dosen
pengamat. Efektifitas buku kerja berbasis konstruktivisme diselidiki bersamaan dengan
tahap praktikalitas. Aspek efektifitas yang diamati adalah tentang aktivitas dan motivasi
belajar mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) buku kerja berbasis
konstruktivisme sudah valid (meliputi validitas isi dan konstruk) dari sudut pandang pakar
Statistik Matematika; 2) penggunaan buku kerja berbasis konstruktivisme dalam proses
perkuliahan tidak mengalami hambatan yang berarti. Buku kerja sudah praktis menurut
mahasiswa dan dosen; dan 3) buku kerja berbasis konstruktivisme sudah efektif. Hal ini
tampak dari aktivitas mahasiswa dan motivasi belajar yang tinggi setelah perkuliahan
berlangsung.

Published
2021-10-31