Pengembangan Buku Kerja Berbasis Konstruktivisme Pada Perkuliahan Statistik Matematika Di Universitas Adiwangsa Jambi

Authors

  • Melinda Yusri Rizki Universitas Adiwangsa Jambi
  • Rian Novita Universitas Adiwangsa Jambi

DOI:

https://doi.org/10.35141/jie.v3i2.633

Keywords:

Pengembangan, Buku kerja, Konstruktivisme, Statistik, Matematika

Abstract

Topik dalam kuliah statistik  matematika saling berurutan dan terkait satu sama lain sehingga diperlukan pembelajaran yang berkelanjutan. Untuk melakukan pembelajaran berkelanjutan,  mahasiswa perlu mengerjakan latihan yang tersedia di buku paket. Namun, buku paket yang digunakan mempunyai mempunyai soal yang bervariasi dan cukup banyak untuk mahasiswa Universitas Adiwangsa Jambi yang mempunyai perbedaan kemampuan matematika. Di samping itu mahasiswa juga belum terbiasa menghadapi soal dalam jumlah yang banyak dan bervariasi. Oleh karena itu, diperlukan suatu alat yang bisa membiasakan mahasiswa untuk belajar secara berkelanjutan dan terarah berupa sebuah buku kerja. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan buku kerja berbasis konstruktivisme  yang valid, praktis dan efektif pada mata kuliah Statistik Matematika di Universitas Adiwangasa Jambi. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang yang terdiri 3 tahap yaitu: tahap analisis muka-belakang (front-end analysis), tahap prototype dan tahap penilaian (assessment). Kegiatan pada tahap analisis muka belakang yang dilaksanakan meliputi wawancara dengan teman sejawat, menganalisis silabus matakuliah statistik matematika, menganalisis buku teks statistik matematika, dan mereview literatur tentang buku kerja. Berdasarkan hasil analisis muka belakang telah diperoleh prototipe buku kerja berbasis konstruktvisme yang kemuadian di kondultasikan kapada 3 dosen dari Universitas lain pada tahap praktikalitas buku kerja di uji cobakan kepada mahasiswa Program Studi matematika Universitas Adiwangsa Jambi yan mengambil mata kuliah statistik matematika pada semester ganjil tahun akademik 2020/2021. Kegiatan ini diamati oleh 1 (satu) dosen pengamat.  Efektivitas buku kerja berbasis konstuktvisme diselidiki bersamaaan dengan tahap praktikalitas. Aspek efektifitas yang diamati adalah tentang aktivitas da motivasi belajar mahasiswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1)  buku kerja berbasis kontruktivisme sudah valid (meliputi validitas isi dan konstruk) dari sudut pandang pakar statistik matematika; 2) penggunaan buku kerja berbasis kontruktivisme dala proses perkuliahan tidak mengalami hambatan yang berarti buku kerja sudah praktis menurut mahasiswa dan dosen; dan 3) buku kerja kontruktivisme suda efektif hal ini tampak dari aktivitas mahasiswa dan motivasi belajar yang tinggi setelah perkuliahan berlangsung.

Downloads

Published

2020-10-31