Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Dan Kemampuan Awal Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa

Authors

  • Rian Novita Universitas Adiwangsa Jambi

DOI:

https://doi.org/10.35141/jie.v1i1.182

Keywords:

Media Pembelajaran, Pengetahuan Awal, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang dari beragamnya nilai prestasi belajar mata
pelajaran ekonomi siswa kelas X SMAN 8 Muaro Jambi yang diduga sebagai akibat
dari beragamnya perhatian siswa dalam proses pembelajaran. Disamping itu
rendahnya nilai prestasi diduga ada kaitannya dengan kemampuan awal siswa.
Penelitian ini dilakukan melalui eksperimen dengan desain faktorial (2x2). Tahap
penelitian ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan analisis hasil penelitian.
Tahap perencanaan meliputi; pembuatan kisi-kisi, butir soal dan pengujiannya, silabus
serta rencana pelaksanaan pembelajaran. Tahap pelaksanaan meliputi; tes awal,
perlakuan dan tes akhir. Sedangkan tahap evaluasi tahap analisis hasil penelitian
dilakukan melalui analisis vaian 2 jalur dan metode Tukey.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual
memberikan hasil yang lebih berarti dibandingkan dalam konteks materi
permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan
sistem ekonomi dalam pelajaran ekonomi. Kemampuan awal siswa sebagai variabel
moderator ikut memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa
namun kemampuan awal dapat berubah seiring terbentuknya struktur kognitif yang
diakibatkan rangsangan media. Namun hipotesis mengenai interaksi antara media
audio visual dengan kemampuan awal tidak signifikan. Hasil penelitian ini juga
memperlihatkan peningkatan hasil belajar, dan menyadari adanya kontribusi
kemampuan awal siswa dalam hasil belajar.

Downloads

Published

2018-02-28