Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual dan Kemampuan Awal Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa
DOI:
https://doi.org/10.35141/jie.v2i1.627Keywords:
Media Pembelajaran, Pengetahuan Awal, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini berlatar belakang dari beragamnya nilai prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMAN 8 Muaro Jambi yang diduga sebagai akibat dari beragamnya perhatian siswa dalam proses pembelajaran. Disamping itu rendahnya nilai prestasi diduga ada kaitannya dengan kemampuan awal siswa. Penelitian ini dilakukan melalui eksperimen dengan desain faktorial (2x2). Tahap penelitian ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan analisis hasil penelitian. Tahap perencanaan meliputi; pembuatan kisi-kisi, butir soal dan pengujiannya, silabus serta rencana pelaksanaan pembelajaran. Tahap pelaksanaan meliputi; tes awal, perlakuan dan tes akhir. Sedangkan tahap evaluasi tahap analisis hasil penelitian dilakukan melalui analisis vaian 2 jalur dan metode Tukey.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual memberikan hasil yang lebih berarti dibandingkan dalam konteks materi permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem ekonomi dalam pelajaran ekonomi. Kemampuan awal siswa sebagai variabel moderator ikut memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa namun kemampuan awal dapat berubah seiring terbentuknya struktur kognitif yang diakibatkan rangsangan media. Namun hipotesis mengenai interaksi antara media audio visual dengan kemampuan awal tidak signifikan. Hasil penelitian ini juga memperlihatkan peningkatan hasil belajar, dan menyadari adanya kontribusi kemampuan awal siswa dalam hasil belajar.