HUBUNGAN PERAN SERTA DAN KETERSEDIAAN SARANA TERHADAP PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA DI DESA PUDAK TAHUN 2021

  • V.A Irmayanti Harahap Poltekkes Kemenkes Jambi
  • Erris Poltekkes Kemenkes Jambi

Abstract

Masalah sampah menjadi masalah lingkungan yang mendapat perhatian khusus dari berbagai pihak. Sampah erat kaitannya dengan kesehatan masyarakat, karena dari sampah tersebut akan hidup berbagai mikroorganisme penyebab penyakit (bakteripatogen) dan juga binatang serangga sebagai pemindah atau penyebar penyakit (vektor). Di satu sisi sampah merupakan bahan-bahan yang tidak bernilai ekonomis, namun disisi lain ada pihak yang menganggap bahwa sampah sebagai barang berguna untuk dijual kepengempul. Adapun pengelolaan sampah rumah tangga di Desa Pudak perlu dilakukan karena di beberapa daerah di Wilayah tersebut terlihat sampah masih berserakan, sehingga hal tersebut sebagai dasar intervensi tentang permasalahan pengelolaan sampah rumah tangga.

Jenis penilitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional yaitu suatu penelitian untuk mempelajari dinamika korelasi antara faktor resiko dengan efek, dengan cara pendekatan observasi atau pengumpulan data sekaligus pada waktu bersamaan. Adapun Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Kepala Keluarga di Desa Pudak sebanyak 930 dengan jumlah sampel sebanyak 90 Kepala Keluarga.

Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara variabel peran serta dan sarana terhadap pengelolaan sampah rumah tangga di desa Pudak dengan masing-masing variabel diperoleh nilai p-value (< 0,05).

Dengan adanya penelitian ini diharapkan perlunya melakukan pelibatan masyarakat agar peran serta masyarakat semakin baik dan semakin bertanggung jawab dalam hal pengelolaan sampah terutama sampah yang dihasilkan oleh masyarakat dari kegiatan sehari-hari serta perlunya menyediakan sarana tempat pengelolaan sampah yang memenuhi persyaratan dan memenuhi kriteria, sehingga masyarakat bisa melakukan pengelolaan sampah secara mandiri dan tidak membuang sampah sembarangan.

Published
2022-05-18