HUBUNGAN SELF MANAGEMENT/MANAJEMEN DIRI DENGAN STATUS TEKANAN DARAH PASIEN HIPERTENSI DI WILAYAH KERJA KLINIK INTERNATIONAL SOS KALIMANTAN TIMUR TAHUN 2023

  • Nurhayati Universitas Adiwangsa Jambi
  • Marinawati Ginting Universitas Adiwangsa Jambi

Abstrak

Penyandang hipertensi di dunia meningkat setiap tahunnya. Ada sekitar 1,13 Miliar orang yang artinya 1 dari 3 orang di dunia terdiagnosis hipertensi. Sala satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan manajemen diri sehingga dalam meningkatkan keberhasilan dalam mengatasi hipertensi.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan desain cross sectional yang bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan self management dengan status tekanan darah pasien hipertensi di Wilayah Kerja Klinik International SOS Kalimantan Timur 2022. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh penderita hipertensi dengan jumlah sampel 58 orang menggunakan proportional random sampling dengan uji chi-Square.
Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa self management pasien hipertensi berada dalam kategori baik sebanyak 36 orang (62,1 %), status tekanan darah pasien hipertensi berada dalam kategori terkontrol sebanyak 40 orang (69,0%), kategori tidak terkontrol sebanyak 18 orang (31,0%). Hasil uji statistik (Chi-Square) didapatkan bahwa p-value (0,005) < α (0,05) maka berarti terdapat hubungan yang bermakna antara manajemen diri dengan status tekanan darah pasien hipertensi di wilayah kerja Klinik Internasional SOS Kalimantan Timur Tahun 2023.
Sebagai ujung tombak pemberi layanan, maka petugas kesehatan disarankan rutin melaksanakan monitoring dan evaluasi serta melakukan pemeriksaan secara berkala melalui kunjungan rumah untuk meningkatkan manajemen diri pasien hipertensi.

Diterbitkan
2023-07-31