Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Rendahnya Pemeriksaan IVA Terhadap Kanker Serviks Di Wilayah Kerja Puskesmas Bayung Lencir Tahun 2022

  • Eprina Intami Universitas Adiwangsa Jambi
  • Mistinah Universitas Adiwangsa Jambi

Abstract

Di Indonesia khususnya di Provinsi Sumatera Selatan pada tahun 2020 tercatat sebanyak 14.768 orang WUS yang telah melakukan pemeriksaan IVA dengan hasil positif sebanyak 183 orang, WUS yang melakukan pemeriksaan IVA sebanyak 2039 orang dari sasaran WUS tahun 2021 di Puskesmas Bayung Lencir sebanyak 7590 orang (26,9%). Hal ini menunjukkan bahwa kesadaran wanita usia subur dalam melakukan pemeriksaan deteksi dini kanker serviks masih rendah yang dapat dikarenakan kurangnya pengetahuan terhadap pemeriksaan deteksi dini kanker serviks.

Penelitian ini bersifat deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional, penelitian ini bertujuan mengetahui Faktor-faktor Yang Berhubungan Dengan Rendahnya Pemeriksaan IVA di Wilayah Kerja Puskesmas Bayung Lencir Tahun 2022. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Februari tahun 2022. Populasi penelitian ini Wanita Usia Subur (WUS) sebanyak 7.950 dan sampel sebanyak 95 orang dengan teknik random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Analisis yang digunakan analisis univariat dan bivariat.

            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar responden yang tidak pernah melakukan pemeriksaan iva 58 orang (61,1%), pengetahuan yang kurang 59 orang (62,1%), jaminan kesehatan yang tidak memiliki 55 orang (57,9%), akses layanan kesehatan yang jauh 71 orang (74,7%). Hasil uji statistik bahwa ada hubungan pengetahuan (p value 0,005), jaminan kesehatan (p value 0,036) dan akses layanan kesehatan (p value 0,013) dengan rendahnya pemeriksaan IVA.

            Diharapkan pihak puskesmas untuk meningkatkan frekuensi penyuluhan kesehatan kepada masyarakat mengenai pentingnya pemeriksaan deteksi dini kanker serviks. Penyuluhan kesehatan mencakup tentang penyakit kanker serviks, bahaya dari kanker serviks, dan pentingnya pemeriksaan deteksi dini kanker serviks. Penyuluhan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kunjungan pemeriksaan deteksi dini kanker serviks dengan IVA di Puskesmas Bayung Lencir.

 

Published
2022-05-18