Hubungan Status Gizi terhadap perkembangan anak usia prasekolah di TK IT ASRI Palembang Tahun 2022
Abstract
Perkembangan merupakan perubahan mental yang terjadi secara bertahap dan dalam waktu tertentu, dimulai kemampuan sederhana menjadi kemampuan yang lebih sulit, misalnya sikap, tingkah laku, dan kecerdasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan status gizi terhadap perkembangan anak usia prasekolah di TK IT ASRI Palembang. Penelitian ini menggunakan rancangan crosssectional study dengan jumlah sampel 40 responden data dikumpulkan dengan melalui pengukuran antropometri berat badan serta dilakukan penilaian KPSP (kuesioner praskrinning perkembangan). Analisis data dilakukan dengan uji chisquare.Hasil penelitian mendapatkan anak perkembangan sesuai lebih tinggi pada status gizi baik (74%) dibandingkan status gizi kurang (5,6%) analisis hubungan antara dua variable didapatkan nilai P = 0.00. Secara statistik terdapat hubungan bermakna antara status gizi dengan perkembangan anak usia prasekolah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan antara status gizi terhadap perkembangan anak usia prasekolah di TK IT ASRI Palembang. Diperlukan perhatian lebih terutama dari orang tuauntuk menjaga kebutuhan gizi dan tenaga kesehatan untuk meningkatkan pelayanankesehatangizi.