GAMBARAN KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI RAWAT INAPDI MEDICAL CENTER ASRI PALEMBANG TAHUN 2023

  • Tresna Fatmawati Program Studi Sarjana Administrasi Kesehatan STIKES Al-Su’aibah Palembang
Keywords: KEPUASAN PASIEN

Abstract

Pelayanan kesehatan yang bermutu adalah pelayanan kesehatan yang dapat memuaskan setiap pemakai jasa pelayanan sesuai dengan tingkat kepuasan rata-rata penduduk serta penyelenggaraannya sesuai dengan kode etik dan standar pelayanan yang telah ditetapkan. Maka dari itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian di Medical center ASRI Palembang, untuk mengetahui gambaran kepuasan pasien rawat inap di Medical Center ASRI Palembang.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan rancangan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini sebesar 3103 pasien dan sampel 354 responden yang diperoleh secara stratified random sampling dengan menggunakan kriteria inklusi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh responden berpendapat baik tentang variabel keandalan (100 %) , daya tanggap yang berpendapat baik yaitu (98,3%), sedangkan kurang baik (1,7%), dimensi jaminan yang berpendapat baik (99.2%), sedangkan kurang baik (8%), dimensi bukti langsung yang berpendapat baik yaitu (97,5%), sedangkan kurang baik (2,2%), dimensi empati yang berpendapat baik (97,5%), sedangkan kurang baik (2,5%), dan Kepuasaan pasien paling banyak berpendapat baik yaitu 354 responden. Untuk meningkatkan kepuasan pasien terhadap pelayanan maka diperlukan kerja sama semua pihak, petugas kesehatan meningkatkan kinerja, Klinik meningkatkan kualitas pelayanan dan SDM yang ada, Dinas Kesehatan membuat suatu kebijakan terkait pelayanan tenaga kesehatan baik medis maupun non medisdi seluruh klinik di Sumatera Selatan. Dan peneliti selanjutnya agar menggunakan variabel yang berbeda dari variabel pada penelitian ini.

Published
2023-05-17