Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Status Gizi Anak dengan Perkembangan Anak Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Tanjung Pinang Tahun 2018

  • Junay Darmawati Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Al-Suaibah Palembang
Keywords: Pendidikan, Paritas Pengetahuan Personal Hygiene Pada Perawatan Luka Perineum

Abstract

Personal hygiene adalah upaya yang dilakukan dalam upaya memelihara dan kesehatan dirinya baik secara fisik maupun mental. Menjaga kebersihan pribadi selama masa nifas secara keseluruhan diperlukan guna untuk menghindari infeksi dan memberikan kenyamanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara pendidikan dan paritas ibu nifas dengan pengetahuan personal hygiene pada perawatan luka perineum.

Desain pada penelitian ini adalah survey analitik dengan pendekatan Cross sectional. Populasi penelitian adalah semua ibu nifas di RB Citra palembang. Sampel diambil secara accidental sampling dengan instrumen kuesioner.

Dari 34 responden didapatkan ibu berpengetahuan baik sebanyak 23 (67,6%). Dari 34 responden ibu berpendidikan tinggi yaitu 29 (85,3%) dan ibu paritas multipara berjumlah 11 (32,4%).

Tidak ada hubungan antara pendidikan dengan pengetahuan personal hygiene pada perawatan luka perineum dengan π value 0,300 dan ada hubungan antara paritas dengan pengetahuan personal hygiene pada perawatan luka perineum dengan π value 0,006. Diharapkan hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai masukan atapun dasar penelitian oleh penelitian selanjutnya.

Published
2019-05-27