Analisis Pemanfaatan Perpustakaan bagi Mahasiswa Kebidanan
Keywords:
Analisis, Kualitas Pelayanan Perpustakaan, PemanfaatanAbstract
Perpustakaan adalah salah satu alat vital dalam setiap program pendidikan dan ilmu yang berfungsi untuk membantu mensukseskan serta melancarkan program-program pendidikan. Memanfaatkan perpustakaan dapat memperkaya informasi dan pengalaman belajar dari mahasiswa, membantu mahasiswa dalam menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh dosen serta dapat menimbulkan kecintaan mahasiswa terhadap kegiatan membaca. Metode penelitian ini adalah analitik dengan pendekatan cross sectional, bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan perpustakaan dengan pemanfaatkan perpustakaan sebagai salah satu sumber belajar. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa kebidanan Universitas Adiwangsa sebanyak 175 orang. Data diambil dengan menggunakan instrument skala kualitas pelayanan perpustakaan dengan tingkat pemanfaatan perpustakaan sebagai salah satu sumber belajar. Hasil penelitian diperoleh 61,7% kualitas pelayanan perpustakaan termasuk dalam kategori baik dan sangat baik, sebanyak 57,7% pemanfaatan perpustakaan sebagai salah satu sumber belajar yang menunjukkan kategori baik. Hasil penelitian menunjukkan 0,364 pada taraf signifikan 0,01.