Dampak Positif Pembelajaran Online dalam Sistem Pendidikan Keperawatan Pasca Pandemi Covid 19
Abstract
Pandemi covid-19 membuat hampir seluruh kegiatan dihentikan sementara waktu termasuk dunia pendidikan yang terpaksa melaksanakan pembelajaran secara online atau daring khususnya di perguruan tinggi, langkah ini dilakukan untuk mengurangi penyebaran covid-19 di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi permasalahan pembelajaran online dari sudut pandang mahasiswa dan dosen. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey. Pengambilan data dilakukan melalui kuesioner yang disebarkan secara online. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa dan dosen Universitas Adiwangsa Jambi. Sampel diambil melalui nonprobability sampling teknik cluster sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 64 mahasiswa dan 12 dosen. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya permasalahan yang tergolong sedang pada aspek pedagogic dan standar teknis ketersediaan perangkat, serta komitment pada mahasiswa.