Pengaruh Pengetahuan Remaja Terhadap Pernikahan Dini Pada Siswi SMP Negeri 28 Kerinci

  • Margareta Pratiwi Universitas Adiwangsa Jambi
  • Beci Tusri Setia Universitas Adiwangsa Jambi
Keywords: Penyuluhan, Pengetahuan Tentang Pernikahan Dini

Abstract

Menurut WHO, pernikahan dini (early married) adalah pernikahan yang dilakukan oleh pasangan atau salah satu pasangan masih dikategorikan anak-anak atau remaja yang berusia dibawah 19 tahun.Hasil data Riskesdas 2014 menunjukkan 41,9% usia kawin pertama di Indonesia adalah 15-19 tahun. Hal itu menempatkan Indonesia termasuk negara dengan 3 persentase pernikahan usia dini tinggi di dunia (rangking 37) dan tertinggi kedua di ASEAN setelah di Kamboja. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Pengetahuan Remaja Terhadap Pernikahan Dini Pada Siswi SMP Negeri 28 Kerinci.

Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment dengan rancangan penelitian one group pre test post test design, Penelitian ini telah dilaksanakan pada tanggal 3-9 Agustus, dengan populasi adalah semua siswi SMP Negeri 28 Kerinci dan sampel berjumlah 20 orang yang diambil dengan teknik Stratified Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar kuesioner untuk melihat tindakan pengetahuan tentang pernikahan dini pada responden sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis univariat dan bivariat dengan Paired Samples T-Test.

Berdasarkan tabel 4.2 menunjukkan Pengetahuan remaja terhadap pernikahan dini  pre test pada siswi SMP Negeri 28 Kerinci adalah 50,65 dengan nilai minimal 42 dan nilai maksimal 56.  Mayoritas responden memiliki pengetahuan terhadap pernikahan dini yang kurang baik sebanyak 11 orang (55%) dan minoritas ressponden memiliki pengetahuan terhadap pernikahan dini yang baik sebanyak 9 responden (45%). Berdasarkan tabel 4.3 menunjukkan pengetahuan remaja terhadap pernikahan dini post test pada siswi SMP Negeri 28 Kerinci adalah 60,55 dengan nilai minimal 50 dan nilai maksimal 68. Mayoritas responden sudah memiliki pengetahuan tentang pernikahan dini  yang baik sebanyak 15 responden (75%) dan minoritas responden masih memiliki pengetahuan tentang pernikahan dini yang kurang baik sebanyak 5 orang (25%).

Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Pengetahuan Remaja Terhadap Pernikahan Dini Pada Siswi SMP Negeri 28 Kerinci Maka untuk itu harus ada Dukungan dari pihak sekolah dan stakeholder terkait untuk dapat meningkatkan pengetahuan siswi tentang  pernikahan dini agar dapat meningkatkan derajat pengetahuan remaja.

Published
2020-12-15