HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU HAMIL DAN MOTIVASI SUAMI TERHADAP KUNJUNGAN ANTENATAL CARE DI DESA PETALING JAYA TAHUN 2020

  • Lailatul Badriyah Universitas Adiwangsa Jambi

Abstract

Tigginya angka kematian ibu antara lain disebabkan rendahnya tingkat pengetahuan ibu dan frekuensi antenatal care (ANC) yang tidak rutin. Pemeriksaan yang tidak rutin ini disebabkan oleh minimnya pengetahuan dan informasi tentang pentingnya pemeriksaan kehamilan bagi ibu dan bayinya. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan pengetahuan dan motivasi suami pada ibu hamil dengan kunjungan ANC Di Desa Petaling Jaya Tahun 2020.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini dilakukan karena di Desa tersebut belum pernah dilakukan penelitian.Penelitian ini di lakukan di Desa Petaling Jaya yang dilaksanakan pada tanggal 08 april-01 agustus 2020.Populasi penelitian ini adalah seluruh ibu hamil trimester I-III di Desa Petaling Jaya pada tahun 2019 sebanyak 79 orang.Dan jumlah sampel 79 orang.Sampel diambil dengan teknik total sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Data dianalisis secara univariat dan bivariat.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 79 responden, sebanyak 44 responden (55,7) pengetahuan baik, sebanyak 53 responden (67,1) motivasi suami baik dan sebanyak 44 responden (55,7) kunjungan ANC dilakukan secara rutin. Ada hubungan pengetahuan (p=0,001) dan motivasi suami (p=0,031)dengan kunjungan ANC Di Desa Petaling Jaya Tahun 2020 karena nilai p value< 0,05.

Diharapkan dapat memberikan informasi, melakukan serangkaian kegiatan penyuluhan dan konseling kepada ibu dan suami tentang pentingnya kunjungan ANC untuk menambah pemahaman dan pengetahuan ibu yang dapat berpengaruh terhadap kehamilannya.

Published
2020-12-16