Hubungan Antara Sanitasi Lingkungan dengan Kejadian Diare pada Anak Sekolah Dasar Di wilayah Kerja Puskesmas Simbur Naik Tahun 2023

  • Darnika Santi Universitas Adiwangsa Jambi
  • Subang Aini Nasution Universitas Adiwangsa Jambi
  • Dewi Riastawaty
  • Nia Nurzia
Keywords: sanitasi lingkungan, kejadian diare

Abstract

Sanitasi lingkungan adalah status masalah kesehatan suatu lingkungan yang mencakup perumahan, pembuangan kotoran, penyediaan air bersih dan sebagainya. Tujuan dari penelitian diketahui adanya Hubungan Antara Sanitasi Lingkungan Dengan Kejadian Diare Pada Anak Sekolah Dasar Di wilayah Kerja Puskesmas Simbur Naik.

Desain penelitian ini yang digunakan adalah analitik korelasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah Orang tua dari anak sekolah yang pernah mengalami kejadian diare, berdomisili di wilayah kerja Puskesmas Simbur Naik Kecamatan Muara Sabak timur Kabupaten TanjungJabung Timur. Dalam penelitian ini teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Total sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan menggunakan uji statistik Chi Square dengan software SPSS 25 dimana p<0.05.

Hasil penelitian menunjukkan 60 jiwa dengan Kejadian Diare di wilayah kerja Puskesmas Simbur Naik Kecamatan Muara SabakTimur Kabupaten Tanjung Timur menunjukkan Umur responden 20-35 tahun (90%), Jenis Pekerjaan responden ibu rumah tangga (56,7%), Pendidikan ibu SLTP (56,7%), Umur Anak 6-8 Tahun (50%), Jenis Kelamin Perempuan (53,3%), Sanitasi Lingkungan tidak Baik (76,7%), Kejadian Diare (66,7%) yang ada di wilayah Puskesmas Simbur Naik. Hasil Uji Chi Square didapat hasil hubungan sanitasi lingkungan Terhadap kejadian Diare dengan Mayoritas Sanitasi Lingkungan yang tidak baik dengan kejadian diare (61,7%) p-value = 0,001 Hasil ini menunjukan bahwa arah korelasi Positif dengan terdapat pengaruh yang signifikan.

Published
2024-07-29