Kurikulum Merdeka dalam Pendidikan Modern
DOI:
https://doi.org/10.35141/jie.v6i2.953Keywords:
kurikulum merdeka, merdeka belajar, pendidikan modernAbstract
Kurikulum menduduki posisi sentral dalam semua kegiatan pendidikan, dan untuk mencapai tujuan pendidikan, kurikulum perlu meningkatkan kualitasnya dengan memperhatikan kebutuhan dan tahap perkembangan peserta didik, serta mengakomodasi kebutuhan pengembangan nasional. Penelitian ini dilakukan untuk memberi gambaran kurikulum merdeka sebagai wujud merdeka belajar yang ada di sekolah. Penelitian ini menggunakan studi kepustakaan sebagai metode untuk mengumpulkan data. Kurikulum merdeka merupakan pendekatan pendidikan yang sangat penting dalam konteks pendidikan modern. Melalui individualisasi pembelajaran, pengembangan keterampilan abad ke-21, pemberdayaan guru, mendorong inovasi, pembangunan kemandirian siswa, dan relevansi dengan dunia nyata, kurikulum merdeka membuka pintu untuk pendidikan yang lebih efektif dan relevan. Selain itu ada sejumlah kekurangan dan kendala dalam implementasinya. Penting bagi para pembuat kebijakan pendidikan untuk mempertimbangkan tantangan ini secara serius dan mencari cara untuk mengatasi mereka guna memaksimalkan potensi Kurikulum Merdeka dalam meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan. Dengan perencanaan dan dukungan yang tepat, kurikulum merdeka dapat menjadi alat yang efektif dalam membentuk generasi yang lebih kompeten dan siap menghadapi tantangan masa depan.