Penerapan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dalam Pembelajaran Matematika

Authors

  • Dian Fitra universitas adiwangsa jambi

DOI:

https://doi.org/10.35141/jie.v1i1.524

Keywords:

konsep, PMRI, PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA

Abstract

ABSTRAK
Matematika adalah kunci kearah peluang-peluang. Bagi seorang siswa keberhasilan
mempelajarinya akan membuka pintu karir yang cemerlang. Untuk itu, penanaman konsep
matematika di sekolah sangatlah penting untuk diperhatikan. Artikel ini mencoba memberikan
solusi bagi penanaman konsep matematika di sekolah yang selama ini kebanyakan tujuan
pembelajarannya hanya fokus pada mengingat fakta, konsep dan komputasi (menggunakan
rumus). Padahal pemerintah melalui peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan republik
Indonesia mengharapkan dari segi dimensi pengetahuannya, siswa mampu mengaitkan
pengetahuaannya dalam konteks masyarakat dan lingkungan sekitar. Untuk itu, PMRI
diharapkan mampu menuntaskan kesenjangan yang terjadi antara apa yang diharapkan oleh
pemerintah dengan apa yang terjadi di lapangan. PMRI ini memiliki ciri khas dalam proses
pembelajarannya yaitu penggunaan konteks, penggunaan model untuk matematisasi
progresif, pemanfaatan hasil konstruksi siswa, interaktivitas, dan keterkaitan.

Downloads

Published

2018-02-26