Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Dominasi Otak Kanan
DOI:
https://doi.org/10.35141/jie.v5i1.281Keywords:
Pemecahan Masalah, Dominasi Otak Kanan, SiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa berdominasi otak kanan dalam menyelesaikan soal matematika materi sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV). Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan yang penting dikuasai oleh siswa. Adapun indikator kemampuan pemecahan masalah yang digunakan dalam penelitian ini adalahꓽ 1) memahami masalah; 2) membuat rencana pemecahan masalah; 3) melaksanakan rencana pemecahan masalah; 4) memeriksa kembali hasil pemecahan masalah yang didapat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa berdominasi otak kanan di kelas VIII SMPN 1 Betara Tanjung Jabung Barat. Instrumen yang yang digunakan adalah lembar tes inventori, lembar tes soal matematika materi sistem persamaan linier dua variabel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa berdominasi otak kanan masih belum memenuhi indikator keempat dari kemampuan pemecahan masalah yaitu kemampuan memeriksa kembali hasil pemecahan masalah.