Media Origami dalam Mengatasi Problematika Pembelajaran Matematika pada Konsep Geometri di Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.35141/jie.v4i2.720Keywords:
Origami, Problematika pembelajaran matematika, GeometriAbstract
Geometri merupakan salah satu cabang matematika yang mempelajari ukuran, bentuk, dan posisi bentuk bangun 2 dimensi dan 3 dimensi. Bentuk-bentuk geometri tentu sangat mudah untuk dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, sehingga dapat membuat para siswa merasa tidak asing lagi dengan bentuk geometri disaat mereka mempelajarinya. Namun geometri juga merupakan salah satu materi matematika yang dianggap sulit oleh sebagian besar siswa. Hal ini disebabkan karena kurangnya pemahaman siswa terhadap konsep-konsep dasar dalam geometri. Oleh karena itu, diperlukan media pembelajaran yang lebih menarik dan bervariasi agar dapat meningkatkan minat, pemahaman serta keterampilan siswa terhadap materi geometri yang diajarkan. Berdasarkan hasil kajian dari berbagai literatur, bahwa pembelajaran dengan menggunakan media bantu origami dapat dijadikan salah satu alternatif bagi guru dalam mengatasi problematika pembelajaran matematika pada konsep geometri di sekolah. Kesulitan siswa dalam memahami konsep-konsep geometri yang bersifat abstrak dapat diatasi dengan adanya media bantu origami dalam pembelajaran. Selain itu, pembelajaran menggunakan media bantu origami juga dapat meningkatkan keterampilan spasial siswa dalam memvisualisasikan objek-objek geometri. Sehingga, dengan keterampilan spasial yang baik siswa dapat menganalisis permasalahan yang berkaitan dengan geometri.