Efektiftas Video Pembelajaran Fisika Sebagai Media Pembelajaran Alternatif Selama Covid 19

  • Syamiah Alfi
  • Agung Tralisno Universitas Adiwangsa Jambi
Keywords: Video pembelajaran, Media pembelajaran alternatif, Covid 19

Abstract

Pandemi COVID-19, membawa perubahan yang mendalam diberbagai sektor kehidupan tanpa terkecuali sektor pendidikan. Akibat pandemi ini, mengakibatkan pemerintah memutuskan untuk melaksanakan pembelajaran secara daring atau online.Kenyataannya pembelajaran secara daring memiliki kendala. Guru dan siswa harus menyesuaikan diri terhadapa proses pembelajaran daring, selain itu juga, koneksi jaringan internet yang masih terkendala di daerh tertentu. Untuk mengoptimalkan proses pembelajaran daring maka solusi yang dapat digunakan adalah menggunakan media pembelajaran berbasis video. Dari hasil penelitian yang relevan, video pembelajaran sudah efektif sebagai solusi dalam pembelajaran daring. Didalam video pembelajaran berisi materi, rumus dan praktikum fisika yang mampu memberikan kemudahan siswa untuk belajar memahami materi. Video dapat diputar secara berulang-ulang kapan saja dan dimana saja. Pembelajaran menggunakan video dapat diterapkan dengan mengirimkan video kepada siswa untuk dipelajari melalui messanger seperti WA dan Telegram atau dengan memanfaatkan Youtube untuk mengupload video agar dapat diakses oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan manfaat dan informasi mengenai pemanfaatan media pembelajaran berbasis video sebagai alternatif dalam pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 ini. Metode penelitian yang dilakukan adalah studi pustaka atau telaah pustaka.

Published
2021-10-31