Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Multimedia Simulasi Menggunakan Adobe Flash Professional CS6 Pada Kosep Fuzzle Geometri Kelas VIII SMP

  • Agung Tralisno Universitas Adiwangsa Jambi
Keywords: Pengembangan Media Pembelajaran, Multimedia Simulasi, Geometri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis multimedia simulasi dengan konsep fuzzle geometri yang valid menurut ahli, serta untuk mengetahui persepsi siswa terhadap media pembelajaran yang telah dibuat. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengembangkan media pembelajaran matematika dan instrumen yang digunakan adalah angket penilaian ahli media dan ahli materi, angket tanggapan guru, dan angket persepsi Siswa. Hasil analisis penilaian terhadap angket persepsi siswa mengenai media yang telah dikembangkan pada materi kubus dan balok dapat dilihat dari 4 indikator, indikator pertama kesesuaian media dengan sasaran mencapai 94%, indikator kedua kesesuaian media dengan jenis pengetahuan mencapai 94%, indikator ketiga kesesuaian dengan tujuan atau kompetensi mencapai 91%, dan indikator keempat mutu teknis dan kemenarikan mencapai 92%. Jadi rata-rata hasil persepsi siswa dilihat dari 4 indikator tersebut adalah 91,75% yang menjawab minimal baik. Sehingga multimedia pembelajaran efektiv digunakan oleh guru dan siswa SMP dalam kegiatan pembelajaran khususnya pada pembelajaran materi geometri.

Published
2018-10-31