PENGARUH PEMBERIAN JUS STROWBERRY (Fragaria Xananassa) TERHADAP KADAR HB PADA IBU HAMIL TRIMESTER III DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS

  • Lidya Kurniasari Universitas Adiwangsa Jambi
  • Riza Firdaus Universitas Adiwangsa Jambi

Abstract

Pada tahun 2020 dari 21 puskesmas di Kabupaten Kerinci Puskesmas Semurup termasuk  kategori puskesmas yang tingkat kejadian anemia  ibu hamil pada trimester III cukup tinggi yaitu, dari 149 orang ibu hamil trimester III terdapat 17 (11,5%) orang yang mengalami anemia. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh Jus Strawbery terhadap kadar Hb ibu hamil.

Jenis penelitian ini adalah jenis analitik dengan menggunakan rancangan pra-eksperimen dengan desain two grup pretest posttest.Populasi dalam penelitian ini adalah 149 ibu hamil dan sampel sebanyak 28 orang yaitu 14 orang setiap kelompok, metode pengambilan sampel adalah purposive sampling, penelitian dilakukan dari tanggal 31 juli 2021 s/d 8 agustus 2021. Analisis data yang digunakan adalah analisis univariat dan bivariat menggunakan uji paired sample t-test dan untuk melihat perbedaan antar kelompok menggunakan uji Idependen T-Test.

Hasil penelitian kadar Hb pada kelompok intervensi sebelum intervensi adalah 10,8 gr% dan  setelah intervensi adalah 12,5 gr%. Pada kelompok kontrol  kadar Hb sebelum diteliti adalah 10,9 gr%  dan setelah intervensi adalah 11,7 gr% .Dari hasil penelitian didapatkan bahwa ada pengaruh yang bermakna pada kelompok intervensi p value 0,000 dan pada kelompok kontrol didapatkan hasil yang bermakna antara sebelum dan sesudah dengan p-value 0,000. Tidak ada perbedaan yang bermakna antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol dengan p-value 0,545

Saran dari hasil penelitian adalah ada pengaruh pemberian jus strawberry terhadap kadar Hb pada ibu hamil trimester III di wilayah kerja puskesmas Semurup tahun 2021. Sehingga di harapkan agar ibu hamil dapat mengkonsumsi jus strawberry sehingga dapat meningkatkan kadar hemoglobin.

Published
2022-05-18