Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Alat Pelindung Diri Pada Pekerja Kelapa Sawit

  • Elvaro Islami Muryadi Universitas Adiwangsa Jambi
  • Monica Andriani Universitas Adiwangsa Jambi

Abstract

Kecelakaan kerja di industri kelapa sawit di Indonesia masih tergolong tinggi.Hal ini diakibatkan karena potensi risiko dari alat kerja, lingkungan kerja dan lain-lain. Sebagian besar penyebab dari terjadinya kecelakaan kerja di perusahaan ini adalah kelalaian dalam menggunakan alat pelindung diri.(APD) dan juga kurangnya informasi mengenai keselamatan dan kecelakaan kerja (K3).

Jenis penelitian ini adalah survey analitik dengan pendekatan cross sectional dengan uji chi-square menggunakan derajat kepercayaan 95%. Metode penelitian inidilakukan dengan teknik pengambilan sampel simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 83 responden.

Hasil uji statistik didapatkan terdapat hubungan promosi keselamatan dan kesehatan kerja dengan tingkat pengetahuan pekerja tentang penggunaan alat pelindung diri p value 0,000 (p <0,05), terdapat hubungan tingkat pengetahuan dengan tingkat kepatuhan pekerja tentang penggunaan alat pelindung diri p value 0,000 (p <0,05), terdapat hubungan promosi keselamatan dan kerja dengan sikap pekerja tentang penggunaan alat pelindung diri p value 0,002 (p <0,05), terdapat hubungan sikap dengan tingkat kepatuhan pekerja tentang penggunaan alat pelindung diri p value 0,000 (p <0,05), terdapat hubungan promosi keselamatan dan kesehatan kerja dengan tingkat kepatuhan pekerja tentang penggunaan alat pelindung diri p value 0,001 (p <0,05).

Published
2022-05-18