HUBUNGAN CARING PERAWAT DENGAN TINGKAT KECEMASAN PADA ANAK HOSPITALISASI DI PUSKESMAS SAROLANGUN TAHUN 2023

  • Dini Suryani Universitas Adiwangsa Jambi

Abstrak

Anak-anak yang di rawat inap (hospitalisasi) akan mengalami berbagai kejadian tak terduga yang membuat mereka tidak nyaman. Kecemasan yang dtimbulkan akibat melakukan perawatan rawat inap yang menyebabkan perubahan fisiologis dan psikologis anak. Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan caring perawat dengan tingkat kecemasan pada anak hospitalisasi di Puskesmas Sarolangun tahun 2023.

Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Penelitian dilakukan di Puskesmas Sarolangun dari Januari-Februari 2023.  Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak hospitalisasi di Puskesmas Sarolangun pada bulan Januari-Februari 2023 sebanyak 32 orang. Sampel diambil dengan teknik accidental sampling.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden mengalami kecemasan hospitalisasi dalam tingkat sedang dan mengatakan caring perawat positif. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa ada hubungan antara caring perawat dengan tingkat kecemasan pada anak hospitalisasi di Puskesmas Sarolangun tahun 2023. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa caring perawat mempengaruhi tingkat kecemasan anak yang hospitalisasi.

Diterbitkan
2023-07-31