Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Anak Sekolah dalam Pencegahan Kekerasan Seksual di SD N 43 Jambi
DOI:
https://doi.org/10.35141/njn.v1i02.426Keywords:
Pendidikan kesehatan, pencegahan, kekerasan seksual anak sekolahAbstract
Salah satu kekerasan pada anak yang sangat umum dan hampir terjadi pada setiap negara adalah bentuk kekerasan seksual yang dikenal dengan Child Sexual Abused (CSA). Angka kekerasan dan pelecehan seksual terhadap anak dan perempuan di Jambi masih cukup tinggi. Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (DP3AP2) Provinsi Jambi mencatat angka kasus kekerasan dan pelecehan seksual selama pandemi Covid-19 sebanyak 69 kasus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan anak sekolah dalam pencegahan kekerasan seksual di SD N 43 Jambi. Desain penelitian berupa Quasy Experimental Pre-Post Test Wih Control Group. Pendidikan Kesehatan pada kelompok intervensi menggunakan media video. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa dan siswi kelas VI SD Negeri 43 Jambi sebanyak 46 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan cara total sampling sebanyak 46 orang. Data dianalisis secara bivariat dengan menggunakan uji T independent dan T dependen. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan anak dengan p value 0.001. Hasil analisis juga menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata antara kedua kelompok dengan p value pengetahuan 0.003. Untuk itu, diharapkan agar media ini dapat dijadikan perawat sebagai intervensi pendidikan kesehatan anak dan bekerja sama dengan pihak sekolah secara berkala sehingga dapat meningkatkan pengetahuan anak dalam pencegahan kekerasan seksual.