Hubungan Kualitas Pelayanan Kontrasepsi Dengan Tingkat Kepuasan Akseptor KB di Desa Pinang Merah Wilayah Kerja Puskesmas Simpang Limbur Tahun 2022

  • Yesi Mustika Sari Universitas Adiwangsa Jambi
Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasan, Akseptor KB

Abstract

Pelayanan dapat dikatakan berkualitas atau memuaskan bila pelayanan tersebut dapat memenuhi kebutuhan dan harapan masyarakat. Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik melalui indeks kepuasan masyarakat sebagai tolak ukur untuk menilai tingkat kualitas pelayanan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Kualitas Pelayanan Kontrasepsi Dengan Tingkat Kepuasan Akseptor KB di Desa Pinang Merah Wilayah Puskesmas Simpang Limbur Kecamatan Pamenang Barat.

Jenis penelitian analitik dengan desain cross sectional. Populasi penelitian adalah seluruh akseptor KB aktif Bulan Januari s/d September Tahun 2021 yang berjumlah 2.928 orang. Sampel diambil dengan teknik accidental sampling yang berjumlah 110 orang. Penelitian dilaksanakan Januari 2022 di wilayah kerja Puskesmas Simpang Kecamatan Pamenang Barat. Pengumpulan dengan wawancara menggunakan kuesioner. Hasil penelitian dianalisis secara univariat dan bivariat.

Hasil penelitian diperoleh sebagian besar kualitas pelayanan baik adalah 68 responden (61,8%), sebagian besar tingkat kepuasan pasien adalah sangat puas 54 responden (49,1%). Hasil uji statistik didapat bahwa ada hubungan antara kualitas pelayanan kontrasepsi dengan tingkat kepuasan akseptor KB dengan p-value 0,008.

Published
2023-01-31