Pengaruh Baby Massage Terhadap Kualitas Tidur Bayi Usia 3 – 6 Bulan Di Pmb Ny.”W” Desa Madureso Kec. Dawarblandong Kab. Mojokerto

  • Rista Novi ITSKes ICMe Jombang
  • Hidayatun Nufus ITSKes ICMe Jombang
  • Evi Rosita ITSKes ICMe Jombang
Keywords: Pijat bayi, kualitas tidur

Abstract

Untuk bayi, tidur adalah yang utama karena pada saat itulah perbaikan saraf otak terjadi dan sekitar 75% hormon pertumbuhan diproduksi. Di Indonesia cukup banyak bayi yang mengalami masalah tidur, yaitu sekitar 44,2% bayi mengalami gangguan tidur seperti sering terbangun di malam hari. Gangguan keseimbangan fisiologis dan psikologis dapat disebabkan oleh kurang tidur dan kualitas tidur yang buruk, baby Massage merupakan salah astu upaya untuk meningkatkan lama tidur pada bayi.

Tujuan penelitian ini untuk Pengaruh Baby massage Terhadap Kualitas Tidur pada Bayi Usia 3 – 6 bulan di PMB Ny.”W” Desa Madureso Kecamatan Dawarblandong Kabupaten Mojokerto. Desain penelitian ini menggunakan Quasi Eksperimen dengan pendekatan one group pre testpost test desain. Populasinya yaitu seluruh bayi usia 3-6 Bulan  di PMB Ny.”W” Desa Madureso Kecamatan Dawarblandong Kabupaten Mojokerto berjumah 37 bayi. Representatif studi adalah 31 bayi usia 3-6 purnama yang dilakukan dan simple acak sampling. Variabel bebasnya yaitu pijat bayi dan variabel terikatnya adalah mutu bobok bayi. Alat studi memakai SOP dan daftar pertanyaan. Tes perangkaan dilakukan dan memakai Wilcoxon. Perolehan studi memperlihatkan maka mutu tidur anak 3-6 bulan layak efektif pada beberapa banyak informan sebelum dilakukan pijat bayi yakni sebanyak 18 responden (58,0%), sedang sesudah dilakukan pijat bayi mutu bobok hampir seutuhnya efektif. yakni 26 informan (83,9%) lewat tes data Wilcoxon terdapat nilai relevan p value = 0,000< (0,05) hingga peroleh H1, melalui sini bisa disimpulkan maka urut bayi berdampak kepada mutu bobok bunda mengandung. Konklusi bayi umur 3 warsa - 6 purnama di PMB Ny."W" Dukuh Madureso Kecamatan Dawarblandong Kabupaten Mojokerto.

Published
2023-07-20