Hubungan Peran Teman Sebaya (PEERS) dengan Kejadian Kekerasan dalam Pacaran di SMA N 1 Sanden

  • Indah Budiarti Politeknik Kesehatan Tanjung Karang
  • Monica Dara Delia Suja Politeknik Kesehatan Tanjung Karang
Keywords: Teman Sebaya, Kekerasan dalam pacaran

Abstract

Masyarakat banyak yang peduli terhadap kekerasan dalam rumah tangga (domestic violence), namun masih sedikit yang peduli pada kekerasan dalam pacaran. Penyebab tingginya angka kekerasan dalam pacaran terjadi akibat  banyaknya  perempuan  yang  tidak  paham  bentuk  kekerasan  fisik maupun psikis dalam suatu hubungan. Oleh sebab itu mereka kerap tidak menyadari meski telah menjadi korban kekerasan oleh pacar mereka, dalam kasus ini remaja yang paling rentan menjadi korban kekerasan. Sebab  di usia itu,   gairah   sedang   meningkat  dan   dapat   mendorong  seseorang   untuk mengartikan kasih sayang ke hal yang salah. Pembiaran hubungan yang tidak sehat, bahkan sampai melakukan tindak kekerasan, dapat menimbulkan risiko fatal (Ayu, 2012) dalam National Association Of School Psycologi (2014) Korban kekerasan di sekolah beresiko meningkatnya masalah  akademik dan masalah-masalah sosial – emosional.

Kekerasan dapat timbul dari adanya pengaruh atau identifikasi terhadap orang lain, termasuk di antaranya pengaruh dari teman sebaya. Selama 2009 hingga 2012 terjadi 139 kasus kekerasan dalam pacaran, 71 kasus pelecehan seksual dan 131 kasus perkosaan. Sepanjang tahun 2013 terdapat 10 kasus kekerasan seksual yang ditangani PKBI. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan peran teman sebaya (peers) dengan kejadian kekerasan dalam pacaran di SMA N 1 Sanden

Studi kolerasi ini menggunakan metode cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswi kelas XI SMA N 1 Sanden Bantul. Responden dengan total sampling sebanyak 66 siswi, pengukuran dengan menggunakan koesioner. Hasil uji analisis dengan kendal tau didapatkan nilai significancy p sebesar 0,000 (<0,05). sebagian besar responden mempunyai peranan teman sebesar 65,2%, dan mengalami kejadian kekerasan dalam pacaran yaitu sebanyak 53%. Ada hubungan bermakna antara peran teman sebaya (peers) dengan kejadian kekerasan dalam pacaran tau didapatkan nilai significancy p sebesar 0,000 (<0,05)

Published
2022-07-14