PENERAPAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) PADA SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN SUPPLIER (STUDI KASUS : TOKO HERIFAL BAGS)

  • Rico Universitas Adiwangsa Jambi
  • Hetty Rohayani Universitas Muhammadiyah Jambi
Keywords: Sistem Pendukung Keputusan, Supplier, AHP

Abstract

Toko Herifal Bags merupakan salah satu perusahaan kecil yang bergerak dalam penjualan tas-tas import yang sudah berjalan sekitar 5 tahun lebih. Tas yang dijula oleh Toko Herifal Bags tidak di produksi sendiri melainkan dipasok oleh beberapa supplier yang berada di Jakarta maupun Batam. Namun dalam proses penentuan supplier Toko Herifal Bags masih mengalami kesulitan dalam memilih serta menentukan supplier yang tepat dan cocok untuk bekerja sama dalam mendistribusikan barang.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu rancangan prototipe yang dapat digunakan untuk pemilihan supplier, dan dapat membantu dalam memberikan evaluasi terhadap supplier berdasarkan kriteria yang dimiliki perusahaan, diantaranya harga, kualitas, pelayanan, waktu pengiriman, dan responsibilitas, serta dapat mengefisienkan waktu dalam pembuatan laporan. Penelitian dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan studi pustaka. Penelitian dilakukan di Toko Herifal Bags. Sistem dirancang dengan menggunakan metode Analytical Hierarkhi Process (AHP) sebagai perhitungannya.
Dari penilitian yang telah dilakukan maka dihasilkan sebuah sistem pendukung keputusan pemilihan supplier di Toko Herifal Bags dengan metode Analytical Hierarkhi Process (AHP), untuk membantu dalam proses pemilihan supplier terbaik sebagai pemasok barang-barang yang dibutuhkan konsumen.

Published
2021-05-31