ANALISIS PENDAPATAN USAHA JURAGAN TEH SELAMA BULAN RAMADHAN

  • Nila Mawangsari Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan
  • Muh Amrih Politeknik pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan
Kata Kunci: Peningkatan pendapatan, Bulan ramadhan, Faktor-faktor

Abstrak

Pada bulan Ramadhan, terdapat peningkatan signifikan dalam kebutuhan masyarakat akan makanan dan minuman untuk berbuka puasa. Tradisi berbuka puasa bersama keluarga dan teman-teman menciptakan permintaan tinggi akan minuman yang menyegarkan, salah satunya teh. Penjual teh biasanya memanfaatkan momen ini dengan meningkatkan promosi, menawarkan diskon, dan menyediakan paket spesial yang menarik konsumen.. Ada beberapa hal yang berkontribusi pada fenomena naiknya pendapatan penjual teh selama bulan Ramadhan, menjadikannya periode yang sangat menguntungkan bagi para pengusaha di bidang ini. Pelaksanaan penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pendapatan usaha Juragan Teh selama bulan ramadhan dan mengetahui faktor apa saja yang memengaruhi terjadinya kenaikan pendapatan. Penelitian ini menggunakan metode diskriptif kualitatif dimana sumber datanya didapatkan dengan melakukan wawancara kepada pemilik usaha Juragan Teh dan dari observasi yang dilakukan. Peneliti juga melakukan analisis tren untuk mengetahui peningkatan pendapatan yang mana sumber datanya berasal dari data penjualan yang ada di usaha Juragan Teh. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa selama bulan ramadhan terjadi kenaikan pendapatan yang signifikan pada Usaha Juragan Teh sebesar 66% dibandingkan pendapatan bulan-bulan biasa sebelumnya. Hasilnya juga menunjukkan ada beberapa faktor yang memengaruhi peningkatan pendapatan usaha Juragan Teh yaitu modal usaha, lokasi usaha dan jam kerja.

 

Diterbitkan
2024-07-03