Etnomatematika: Keterkaitan Budaya dan Matematika

Penulis

  • Dewi Rawani Universitas Tridinanti Palembang image/svg+xml
  • Dian Fitra Universitas Adiwangsa Jambi

DOI:

https://doi.org/10.35141/jie.v5i2.433

Kata Kunci:

Etnomatematika, Budaya, Pembelajaran Kontekstual, Etnografi

Abstrak

Semua budaya didukung oleh semacam ilmu pengetahuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi hubungan antara budaya dengan matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan etnografi yang menjadi sebuah pendekatan teoritis sekaligus empiris untuk mendeskripsikan dan menganalisis keadaan atau situasi berdasarkan catatan lapangan yang dihasilkan dari pengumpulan data. Subjek dalam penelitian ini meliputi tokoh Adat, pemangku kepentingan Adat, dan pakar budaya yang memahami budaya di Palembang. Observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan adalah teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya ide-ide matematika yang potensial untuk dibuat sebagai langkah awal dalam pembelajaran matematika secara kontekstual

Diterbitkan

2022-10-31

Cara Mengutip

Etnomatematika: Keterkaitan Budaya dan Matematika. (2022). JURNAL INOVASI EDUKASI, 5(2), 114-121. https://doi.org/10.35141/jie.v5i2.433

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama