Metakognisi Mahasiswa Dengan Gaya Belajar Reflektif Terhadap Pemecahan Masalah Dalam Perkuliahan Matematika Diskrit

Penulis

  • Agung Tralisno Universitas Adiwangsa Jambi
  • Rarri Bian Ryandi Universitas Adiwangsa Jambi

DOI:

https://doi.org/10.35141/jie.v5i2.640

Kata Kunci:

Metakognisi mahasiswa, Gaya belajar reflektif, Pemecahan masalah, Matematika diskrit

Abstrak

Penulisan artikel penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan metakognisi mahasiswa dengan gaya belajar reflektif dalam menyelesaikan pemecahan masalah matematika serta manganalisis kesulitan-kesulitan yang dialami siswa gaya reflektif dalam menyelesaikan pemecahan matematika pada matakuliah matematika diskrit. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan artikel penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah mahasiswa dengan gaya belajar reflektif  semester 5 yang sedang mengontrak matakuliah matematika diskrit. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes persamaan gambar, lembar soal pemecahan masalah matematika, dan rekaman wawancara secara langsung dengan mahasiswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa mahasiswa dengan gaya belajar reflektif telah memenuhi tiap-tiap indikator pengetahuan metakognisi pada pemecahan masalah matematika. Berdasarkan hasil penyelesaian soal pemecahan masalah dan hasil wawancara dapat disimpulkan bahwa mahasiswa dengan gaya belajar reflektif cenderung memiliki kesulitan untuk beradaptasi dengan lingkungan pembelajaran yang terstruktur dan terbatas. Mereka lebih memilih pembelajaran yang mandiri dan fleksibel, dan terkadang merasa terhambat oleh pembelajaran yang terlalu terstruktur dan dibatasi oleh aturan tertentu.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Diterbitkan

2022-10-31