Pengaruh Teknik Pemodelan Berbasis Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VII SMP

Penulis

  • Anggia Puteri STKIP Muhammadiyah Sungai Penuh
  • Afwa Raufi STKIP Muhammadiyah Sungai Penuh

DOI:

https://doi.org/10.35141/jie.v5i1.293

Kata Kunci:

pengaruh, teknik pemodelan, model discovery learning, teks eksposisi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis Teks Eksposisi siswa: (1)  sebelum menerapkan teknik pemodelan berbasis model discovery learning, (2) sesudah menerapkan teknik pemodelan berbasis model discovery learning,(3) pengaruh penerapan teknik pemodelan berbasis model discovery learning terhadap tingkat keterampilan menulis Teks Eksposisi siswa kelas VII SMPNegeri 2 Sungai Penuh. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen dengan populasi 272 orang, sampel 30 orang. Hasil penelitian ini ada tiga (1) sebelum menggunakan teknik pemodelan berbasis model discovery learning berada pada kualifikasi Cukup (C) dengan nilai rata-rata 63,24, (2) sesudah menggunakan teknik pemodelan berbasis model discovery learning berada pada kualifikasi Baik Sekali (BS) dengan nilai rata-rata 89,12, dan (3)berdasarkan uji-t, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan teknik pemodelan berbasis model discovery learning terhadap keterampilan menulis Teks Eksposisi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sungai Penuh karena nilai  (13,21 > 1,97).

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Diterbitkan

2022-02-28