Penerapan Metode Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Pembelajaran Materi Tentang Khulafaurasyidin
DOI:
https://doi.org/10.35141/x68x4461Keywords:
Discovery Learning, Khulafaurasyidin, Hasil Pembelajaran, Pembelajaran Sejarah, Madrasah AliyahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan metode Discovery Learning dalam meningkatkan hasil pembelajaran materi tentang Khulafaurasyidin di kelas X Madrasah Aliyah Negeri 2 Kerinci. Discovery Learning adalah pendekatan pembelajaran yang mendorong siswa untuk secara aktif menemukan dan mengkonstruksi pengetahuan melalui proses eksplorasi, percakapan, dan investigasi yang terarah. Dalam metode ini, peran guru lebih kepada fasilitator yang memberikan arahan dan dukungan dalam proses penemuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, di mana data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penerapan Discovery Learning dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi sejarah Khulafaurasyidin, serta meningkatkan partisipasi dan motivasi siswa dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode ini berhasil meningkatkan pemahaman siswa tentang peran dan kontribusi Khulafaurasyidin dalam sejarah Islam. Selain itu, siswa menjadi lebih aktif dan berkolaborasi dalam diskusi, serta mampu mengaitkan materi pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari mereka. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa metode Discovery Learning efektif dalam meningkatkan hasil pembelajaran dan bisa menjadi alternatif yang baik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sejarah Islam di Madrasah Aliyah.