PENGARUH TERAPI BERMAIN TERHADAP KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL PADA ANAK AUTIS

  • Margareta Pratiwi Universitas Adiwangsa Jambi

Abstract

Autis merupakan gangguan perkembangan perpasiv pada anak ditandai adanya gangguan dan keterlambatan dalam bidang kognitif, bahasa,perilaku, komunikasi, dan interaksisosial.penderita autism meningkat dari tahun ketahun.

Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh terapi bermain terhadap kemampuan interaksi social pada anak autis di SLB Prof. DR. Sri Soedewi Maschun Sofwan, SH Jambi tahun 2019. Penelitian ini adalah penelitian Pre Experiment menggunakan pendekatan One Group Pre Post Test Only Design Experiment.

Dalam penelitian ini yang diteliti adalah pengaruh terapi bermain terhadap kemampuan sosialisasi anak autis. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terlihat bahwa dari 9 responden mengalami peningkatan kemampuan interaksi social secara keseluruhan.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terlihat bahwa dari 9 responden mengalami peningkatan kemampuan interaksi social secara keseluruhan. Dari hasil uji T yang dilakukan berdasarkan hasil penelitian terhadap peningkatan kemampuan interaksi social sebelum dan sesudah mendapatkan terapi bermain terlihat perubahan kearah yang positif dan ada pengaruhnya terapi bermain terhadap kemampuan interaksi social pada anak autis.

Published
2020-04-30