Hubungan Antara Faktor Lingkungan, Karakteristik Ibu Dan Perilaku Ibu Dengan Kejadian Diare Pada Anak Balita Di Wilayah Kerja Puskesmas Kersik Tuo, Kabupaten Kerinci

  • Akadra Goimi Program Studi Kesehatan Masyarakat STIKES Harapan Ibu Jambi, Jambi
  • H. Subakir Program Studi Kesehatan Masyarakat, STIKES Harapan Ibu, Jambi, Indonesia
  • Novi Berliana Program Studi Kesehatan Masyarakat, STIKES Harapan Ibu, Jambi
Keywords: Faktor Lingkungan, Karakteristik Ibu, Perilaku, kejadian diare

Abstract

Latar Belakang : Menurut Riskesdas, Penyakit diare di Indonesia merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat yang  utama, hal ini disebabkan  karena  masih tingginya angka kesakitan diare yang menimbulkan banyak kematian terutama pada balita. Prevalensi tertinggi kejadian diare di Indonesia pada tahun 2013 terjadi pada anak balita (usia 1-5 tahun) yaitu sebesar 6.7%.

Metode : Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan pendekatan Kasus Kontrol/case control yaitu studi analitik yang menganalisis hubungan kausal dengan menggunakan logika terbalik, yaitu menentukan penyakit (outcome) terlebih dahulu kemudian mengidentifikasi penyebab (faktor risiko). Riwayat paparan dalam penelitian ini dapat diketahui dari register medis atau berdasarkan wawancara dari responden penelitian.

Hasil : Hasil penelitian didapatkan analisa univariat bahwa dari 25 responden diketahui bahwa sebagian besar respoden pada kelompok kasus perilakunya buruk yakni sebanyak 19 orang (76%), sedangkan responden yang perilakunya baik yakni sebanyak 6 orang (24%). Diketahui bahwa sebagian besar pada kelompok kontrol perilakunya baik yakni sebanyak 15 orang (60%), sedangkan responden yang perilakunya buruk yakni sebanyak 10 orang (40%). Analisa bivariat didapatkan nilai p-value 0,005 karena p value < 0,05 maka Ho ditolak, artinya ada hubungan yang bermakna antara variabel perilaku ibu terhadap kejadian diare pada balita di wilayah kerja Puskesmas Kersik Tuo Kabupaten Kerinci Tahun 2018.

Kesimpulan : Ada hubungan  antara kondisi  jamban, kondisi saluran  pembuangan  air  limbah,  dan  perilaku  ibu terhadap Kejadian Diare Pada Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Kersik tuo Tahun 2018.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-22