PERILAKU IBU PRIMIGRAVIDA TERHADAP PERSIAPAN PERSALINAN DI PUSKESMAS PULO BRAYAN MEDAN

  • Devi Arista Universitas Adiwangsa Jambi
  • Gustien Siahaan Universitas Adiwangsa Jambi
  • Subang Aini Nasution Universitas Adiwangsa Jambi
  • Debora Paninsari Universitas Adiwangsa Jambi
Keywords: attitude, family, birth laying preparation

Abstract

Latar belakang: Penyebab langsung kematian ibu adalah kurang lebih 90% disebabkan oleh seputar persalinan dan kematian. Adapun penyebab tidak langsung antara lain dibelakangi oleh sosial ekonomi, pendidikan, kedudukan dan peranan wanita, sosial budaya, dan transportasi.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan sikap, dukungan suami dengan persiapan persalinan.

Metode:Penelitian ini adalah penelitian analitik dengan rancangan cross sectional. Penelitian dilakukan pada tanggal 6-16 Juli 2020 di Puksesmas Pulo Brayan Medan. Populasi dalam penelitian ini berjumlah  65 ibu hamil primigravida. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 56 diambil secara accidental sampling. Analisa data dalam penelitian ini secara Univariat dan Bivariat.

Hasil: Persiapan persalinan kurang baik sebanyak 31 responden (55.4%), sikap negatif  33 responden (58.9%), serta keluarga kurang mendukung 32 responden (57.1%).Ada hubungan sikap dengan persiapan persalinan. Ada hubungan dukungan suami dengan persiapan persalinan.

Kesimpulan: Ibu hamil primigravida yang memiliki sikap negatif, dan dukungan keluarga yang kurang memiliki persiapan yang kurang dalam melakukan persalinan.

Kata Kunci: sikap, keluarga, persiapan persalinan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-22