UJI EFEKTIVITAS EKSTRAK DAUN KELOR (MORINGA OLEIFERA), DAUN BIDARA (ZIZIPHUS MAURITIANA) DAN DAUN MAHKOTA DEWA (PHALERIA MACROCARPA) TERHADAP BAKTERI STAPHYLOCOCCUS AUREUS

  • Ali Napiah Nasution Fakultas Kedokteran Universitas Prima Indonesia Medan
  • Anisya Fadila Putri Ismadi Fakultas Kedokteran Universitas Prima Indonesia Medan
  • Nindi Dwi Anggita Anggita Fakultas Kedokteran Universitas Prima Indonesia Medan
  • Sakinah Sakinah Fakultas Kedokteran Universitas Prima Indonesia Medan
  • Ermi Girsang Fakultas Kedokteran Universitas Prima Indonesia Medan
Keywords: Staphyloccocus aureus, daun kelor (Moringa oleifera), daun bidara (Ziziphus mauritiana), daun mahkota dewa (Phaleria macrocarpa)

Abstract

Staphylococcus aureus adalah sel berbentuk bulat yang tersusun dalam kelompok-kelompok tidak teratur dan tidak bergerak, tidak membentuk spora dan merupakan bakteri gram positif. Bakteri ini menimbulkan penyakit melalui kemampuan berkembang biak dan menyebar luas dalam jaringan karena kemampuannya menghasilkan banyak zat yang ekstra selular. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas ekstrak daun kelor (Moringa oleifera), daun bidara (Ziziphus mauritiana) dan daun mahkota dewa (Phaleria macrocarpa) terhadap bakteri Staphylococcus aureus. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental menggunakan metode difusi cakram dengan rancangan Post Test Only Control Group Design.Variabel penelitian yaitu konsentrasi 2,5%, 5%, dan 7,5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat zona hambat terhadap pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-22