Hubungan Antara Karakteristik Akseptor KB Baru Dengan Tingkat Kecemasan Terhadap Penggunaan Kontrasepsi Hormonal Di PMB Rosmala Aini Kota Jambi Tahun 2018

  • Andriana Praptiwi Prodi D III Kebidanan Akademi Kebidanan Jakarta Mitra Sejahtera Jambi
Keywords: Karakteristik responden, Tingkat kecemasan, kontrasepsi hormonal

Abstract

KB dapat dilakukan dengan berbagai metode kontrasepsi salah satunya dengan kontrasepsi hormonal dimana kemungkinan terjadinya efek samping yang merugikan sebagai akibat dari pemakaian kontrasepsi hormonal dapat menimbulkan rasa cemas pada akseptor KB baru yang menggunakan kontrasepsi hormonal.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara karakteristik akseptor KB baru  dengan tingkat kecemasan terhadap penggunaan kontrasepsi hormonal Di PMB Rosmala Aini Kota Jambi Tahun 2018. Penelitian ini dilakukan di Di PMB Rosmala Aini Kota Jambi pada tanggal 01-31 Juli 2018 menggunakan desain deskriptif  korelasi dengan pendekatan cross sectional. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada 31 akseptor KB baru, kemudian dianalisis menggunakan uji statistik chi-square.

Hasil penelitian menurut karakteristik responden didapatkan responden berusia 20-30 tahun 67,7 %, tingkat pendidikan sebagian responden merupakan lulusan SMP 35,5 %, responden bekerja sebagai ibu rumah tangga 45,2 % dan tingkat kecemasan sedang 38,7 %. Hasil uji statistik menunjukkan adanya hubungan antara usoa dengan tingkat kecemasan ( X² = 13,6 , p = 0,001), adanya hubungan antara tingkat pendidikan dengantingkat kecemasan (X² = 40,8 , p = 0,000), demikikian juga dengan antara pekerjaan dengan tingkat kecemasan (X² = 22,6 , p = 0,001).

Kepada peneliti selanjutnya penulis sarankan agar melakukan tindak lanjut penelitian tentang hubungan antara peran Bidan dengan tingkat kecemasan pada akseptor KB baru.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-21