GAMBARAN PENGETAHUAN DAN MOTIVASI IBU HAMIL TENTANG PEMBERIAN SUNTIK TETANUS TOXOID DI PUSKESMAS KENALI BESAR JAMBI TAHUN 2016

  • Selviana Sondang
  • Listautin Listautin

Abstract

World Health Organization (WHO), UNICEF, UNFPA, dan World Bank, Angka Kematian Ibu (AKI) lebih tinggi yaitu 420 per 100.000 kelahiran hidup. Masih tingginya angka kematian dan kesakitan ibu menjadi pendukung tujuan dan MDGs.Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bayi di Indonesia merupakan yang tertinggi di ASEAN dengan jumlah kematian ibu tiap tahunnya mencapai 450 per seratus ribu kelahiran hidup yang jauh di atas angka kematian ibu di Filipina yang mencapai 170 per seratus ribu kelahiran hidup Thailand 44 per seratus ribu kelahiran hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Gambaran Pengetahuan dan Motivasi Ibu Hamil Tentang Pemberian Suntik Tetanus Toxoid di Puskesmas Kenali Besar Jambi Tahun 2016.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu hamil yang ada di Puskesmas Kenali Besar Kota Jambi pada April – Juni 2016 yang berjumlah 157 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil secara accidental sampling yang berjumlah 60 orang. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 22-26 Agustus 2016 di Puskesmas Kenali Besar Kota Jambi. Data dianalisis secara univariat serta diinterpretasikan dalam bentuk tekstuler dan tabuler.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden yang memiliki pengetahuan baik sebanyak 49 responden (81,7%) dan responden yang memiliki motivasi tinggi sebanyak 31 responden (51,7%) tentang pemberian suntik tetanus toxoid.
Diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai sumber informasi dalam menjalin kerjasama antara ibu dan petugas kesehatan dalam mengatasi rendahnya cakupan imunisasi TT1-TT5.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-05-09