ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS OLAK KEMANG KOTA JAMBI TAHUN 2020

  • Raudhotul Jannah Program Studi Kesehatan Masyarakat, STIKES Harapan Ibu, Jambi
  • Novi Berliana Program Studi Kesehatan Masyarakat, STIKES Harapan Ibu, Jambi
  • Melda Yenni Program Studi Kesehatan Masyarakat, STIKES Harapan Ibu, Jambi
Keywords: Kepuasan Pasien, Mutu Pelayanan Kesehatan

Abstract

Adanya ketidakpuasan pasien dapat disebabkan oleh beberapa hal yaitu gagal berkomunikasi, krisis waktu, kualitas produk atau jasa, kualitas atau mutu pelayanan, harga, dan biaya. Berdasarkan kotak saran yang ada di Puskesmas Olak Kemang Kota Jambi bahwa pasien tidak puas dengan kinerja petugas, pasien menyatakan bahwa petugas kurang ramah dalam melayani, pemeriksaan dari dokter terlalu cepat dan konsultasi sama dokter kurang memuaskan, lahan parkiran yang sempit dan kursi tunggu yang sedikit.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional yang bertujuan untuk Menganalisis tingkat kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Olak Kemang Teluk Kota Jambi Tahun 2020. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien yang berkunjung ke Puskesmas Olak Kemang tahun 2020, dengan jumlah sampel sebanyak 93 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling.Pengumpulan data diperoleh dengan wawancara berdasarkan kuesioner yang dilaksanakan pada tanggal 3-5 januari 2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pasien sebesar 80,77%. Berdasarkan analisa diagram kartersius aspek dimensi mutu yang menjadi prioritas utama untuk diperbaiki dalam memberikan pelayanan kesehatan terhadap pasien : Tempat parkir kendaraan luas/memadai, kursi ruang tunggu yang cukup dan bersih, Ruangan Puskesmas bersih dan nyaman, Waktu Pelayanan pendaftaran tidak lama dan Petugas melayani dengan senyum, salam, sopan dan sapa kepada pasien.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-05-09