TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS PAAL V KOTA JAMBI TAHUN 2020

  • Ayu Anastasya Program Studi Kesehatan Masyarakat, STIKES Harapan Ibu, Jambi
  • Renny Listiawaty Program Studi Kesehatan Masyarakat, STIKES Harapan Ibu, Jambi
  • Melda Yenni Program Studi Kesehatan Masyarakat, STIKES Harapan Ibu, Jambi
Keywords: Pelayanan Kesehatan., Kepuasan Pasien

Abstract

Berdasarkan data rekap kotak saran tahun 2018 dan 2019 dari Puskesmas Paal V Kota Jambi, bahwa pasien merasa tidak puas dengan kinerja petugas, pasien mengatakan pelayanan yang lamban dan petugas yang kurang ramah.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional yang bertujuan untuk mengetahui kepuasan pasien di Puskesmas Paal V Kota Jambi tahun 2020. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien yang berkunjung ke Puskesmas Paal V dengan jumlah sampel sebanyak 93 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling.

Hasil penelitian menunjukkan tingkat kepuasan pasien sebesar 77,20% dengan rata-rata harapan 3,65 dan kenyataan 2,81. Dari analisa diagram kartesius aspek dimensi mutu yang menjadi prioritas utama untuk diperbaiki dalam pelayanan kesehatan terhadap pasien pada dimensi tangible tempat parkir kendaraan harus luas/memadai, kursi ruang tunggu harus cukup dan bersih, pada dimensi reliability Pelayanan oleh dokter/petugas tepat waktu, pada dimensi responsiveness waktu Pelayanan pendaftaran tidak lama, Dokter/ Petugas memberikan penjelasan tentang penyakit/masalah kesehatan yang diderita pasien, Waktu pelayanan penunjang (laboratorium, pengambilan obat) tidak lama, pada dimensi assurance dokter/Petugas bersedia menjelaskan resiko atau efek samping dari tindakan/pengobatan yang diberikan, dimensi emphaty dokter/Petugas bersedia menjawab pertanyaan dan memberi penjelasan kepada pasien tanpa diminta.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-05-09