ANALISIS INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT DI KLINIK UMUM PUSKESMAS TALANG BANJAR KOTA JAMBI TAHUN 2020

  • Deka Rahmawita Program Studi Kesehatan Masyarakat, STIKES Harapan Ibu, Jambi
  • Novi Berliana Program Studi Kesehatan Masyarakat, STIKES Harapan Ibu, Jambi
  • Irawati Sukandar Program Studi Kesehatan Masyarakat, STIKES Harapan Ibu, Jambi
Keywords: Indeks Kepuasan Masyarakat, Kualitas Pelayanan Kesehatan

Abstract

Berdasarkan data survei awal yang menyatakan dari 10 responden, 6 responden merasa tidak puas terhadap pelayanan di Klinik Umum Puskesmas Talang Banjar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tentang kinerja pelayanan dan mengukur seberapa besar nilai interval konversi Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) di Klinik Umum Puskesmas Talang Banjar Kecamatan Jambi Timur Kota Jambi Tahun 2020. Subyek penelitian ini adalah masyarakat yang berkunjung ke Puskesmas Talang Banjar yaitu sebanyak 94 responden. Instrumen dalam penelitian ini adalah kuesioner berdasarkan Peraturan Menteri PANRB Nomor 14 tahun 2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan survei. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik survei. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa IKM terhadap pelayanan di klinik umum Puskesmas Talang Banjar memperoleh nilai indeks 2,9997 dan nilai IKM setelah dikonversi adalah 74,9925 sehingga mutu pelayanannya adalah ā€œCā€ dengan kategori Kurang Baik. Hasil perhitungan per unsur IKM di klinik umum Puskesmas Talang Banjar, diketahui bahwa ada tujuh unsur yang harus diperbaiki, sedangkan dua unsur harus dipertahankan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-05-09